Senin, 05 Maret 2012

Analisis Perancangan Jaringan komputer

Apa itu Fiber Optik ?

Kabel fiber-optic biasanya berhubungan dengan sistem komunikasi seperti telepon, TV kabel atau Internet. Saluran fiber-optic lines adalah untaian gelas optik murni sehalus rambut manusia, yang mampu menghantarkan informasi digital dalam jarak jauh. Ia juga digunakan untuk keperluan pemotretan medis dan inspeksi dalam teknik mesin.
·         Core
Pusat yang terbuat dari gelas halus yang menjadi tempat berjalannya cahaya.
·         Cladding
Lapisan optik luar yang membungkus core dan memantulkan kembali cahaya yang terpancar keluar.
·         Buffer coating
Lapisan plastik pelindung serat dari kerusakan dan kelembapan.

Ratusan bahkan ribuan serat optik ini dibundel sehingga menjadi kabel optik. Kabel ini masih dibungkus lagi dengan suatu lapisan pelindung (jacket).
Serat optik ada dua jenis:
·         Single-mode fibers: Digunakan untuk mengirim satu sinyal per serat (telepon dan TV kabel).
·         Multi-mode fibers: Digunakan untuk mengirim banyak sinyal per serat (jaringan komputer/LAN).
Single-mode fibers memiliki core kecil (diameter sekitar 3.5 x 10-4 inci atau 9 micron) dan memnghantarkan cahaya laser inframerah (panjang gelombang = 1300 s/d 1550 nanometer).
Multi-mode fibers memiliki core besar (diameter sekitar 2.5 x 10-3 inci atau 62.5 micron) dan menghantarkan cahaya inframerah (panjang gelombang = 850 s/d 1300 nm) dari light-emitting diode (LED).
Sebagian serat optik dibuat dari plastik. Serat ini memiliki core besar (diameter 0.04 inci atau1 mm) dan memancarkan sinar merah yang bisa terlihat (panjang gelombang = 650 nm) dari LED.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar